-->

[Ini Dia] Fitur Tersembunyi Dalam WhatsApp yang Wajib anda Ketahui

Whatsapp adalah aplikasi chatting yang cukup lama dari mulai saya SMP kelas 2 (th.2009), dan sekarang masih ngetrend dikalangan masyarakat mulai dari yang tua hingga yang muda. Jika dilihat dari fungsi WhatsApp sendiri hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel . Namun WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini anda tak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet anda memadai.



Fitur Tersembunyi Dalam WhatsApp yang Wajib anda Ketahui [www.tips-ku.com]



Tahukah anda aplikasi chatting whatsapp ini memiliki fitur fitur keren menurut saya, tapi orang jarang menggunakan fitur ini karena ketidaktahuan (saya juga baru tahu :D). Keren nya fitur ini adalah Pengguna bisa memakainya untuk memudahkan berbagai hal, seperti menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga menyimpan percakapan ke dalam bentuk teks.


Lalu apakah Fitur yang tersembunyi tersebut. Berikut ulasannya....


1. Menyembunyikan “Last Seen”


Menyembunyikan Last Seen [www.tips-ku.com]



Last Seen (Terakhir dilihat) adalah fitur whatsapp (WA) yang dimana para pengguna whatapp bisa melihat kapan terakhir seseorang online di whatsapp. jika itu bisa mengganggu privasi anda , anda bisa menyembunyikannya dengan cara klik menu titik tiga disebelah kanan atas pada tampilan awal WA - pilih Setelan - Akun - Privasi . anda akan menemukan bilah "Terakhir dilihat" klik tulisan tersebut, lalu anda bisa mengaturnya nya dengan memilih Semua orang (semua orang bisa melihat last seen anda), Kontak saya (hanya yang ada dikontak anda yang dapat melihat last seen anda), Tidak ada (hanya anda yang tau)


2. Menyembunyikan “Foto Profil” 
sama seperti nomor satu anda dapat mengubah pengaturannya di Setelan - Akun - Privasi.

3. Menyembunyikan "Status"
sama seperti nomor satu anda dapat mengubah pengaturannya di Setelan - Akun - Privasi. :D

4. Membackup percakapan
Fitur selanjutnya adalah anda dapat mencadangkan semua percakapan anda . fungsi dari backup tersebut adalah ketika anda berganti hape atau hape anda rusak. nah anda dapat memulihkannya kembali. 

caranya sangat mudah, pada menu pengaturan pilih Chatting - Cadangkan Chat. Cukup dengan memasukkan akun Gmail anda, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis


5. Memblokir Kontak
fitur ini sangat membantu ketika anda mendapat spam chat dari nomor yang tidak jelas, anda dapat memblokir kontak tersebut dengan cara: pada menu chat klik menu titik tiga dikanan atas lalu pilih blokir. mudah kan?


6. Menghentikan Download Otomatis
Kebanyakan paket data terkuras ketika menggunakan WA ini adalah ketika lawan anda chattingan mengirim foto atau file file. file tersebut akan terunduh di hape anda nah disitulah paket anda bisa terkuras, apalagi anda mengikuti banyak grub di WA. ckckck :D

Cara mengatasinya yaitu dengan menghentikan download otomatis ketika lawan chatting mengirim foto atau file pada anda, maka anda dapat memilih dan memilah yang mana yang lebih penting untuk anda download secara manual. lalu bagaimana caranya?? 

Caranya, masuk ke menu Setelan, dan pilih Penggunaan Data. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. 
Nah ketika anda menggunakan data seluler anda bisa menghilangkan semua centang dan saat anda tersambung ke wi-fi anda bisa mencentang semua nya. hemat bukan ? :D


7. Memberikan Tanda Bintang
anda bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan penting di WA. Fungsi dari penandaan ini yaitu untuk mengingat berbagai informasi yang diberikan pada lawan anda chattingan. jadi anda tidak usah capek-capek untuk membuka Notepad di hape anda atau menulis dikertas, cukup dengan kasih tanda bintang sudah seperti fitur menulis di kertas :D

Cara memberikan tanda bintang adalah ketika anda mendapat pesan yang penting, klik pesan tersebut dan tahan selama beberapa detik hingga muncul fitur baru dari WA (ada diatas). lalu tekan bintang deh.

Cara mencari pesan yang anda kasih bintang tadi cukup mudah kok. pada menu awal WA pilih menu dengan cara klik tanda titik tiga di kanan atas, kemudian tekan Pesan Berbintang. semua pesan yang anda tandai akan tampil pada halaman tersebut.


8. Menyembunyikan Tanda Read
ketika seseorang mengirim pesan kepada anda , mereka akan mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum dengan cara melihat tanda centang 2 berwarna biru. jika anda rasa itu menyangkut privasi anda, anda dapat mengubahnya agar tanda Read / unread tidak ada.
caranya cukup mudah. masuk ke menu Setelan - Akun - Privasi lalu scroll kebawah, pada bilah pesan hilangkan ceklis pada Laporan dibaca.


9. Membuat huruf Tebal dan Miring
saat anda chattingan dengan orang lain anda bisa menandai tulisan anda menjadi tebal ataupun miring untuk memberikan info penting. 

Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~
Baca : Cara Membuat Huruf jadi Tebal dan Miring di WhatsApp 


10. Membalas pesan yang sudah tenggelam di grup
jika anda mempunyai grup di WA maka banyak tentang pembahasan-pembahasan dari orang lain dan setiap menit pastinya sudah berganti topik pembahasan yang lain. dan alhasil tidak akan sinkron ketika anda membahas topik sebelumnya 

anda bisa membalas dengan cara menekan beberapa detik pesan tersebut hingga muncul fitur halaman baru, klik panah miring untuk membalas pesan tersebut. nah dengan cara ini orang-orang yang di grub akan tahu anda sedang membahas topik tersebut. (Baca : Cara Menjawab Pesan yang Tenggelam di Grup WhatsApp)



Nah. itulah artikel tentang fitur yang tersembunyi di dalam whatsapp, silahkan anda coba sendiri saat ada waktu luang . selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

________________________________
Source : Kompas.com
Editor : www.tips-ku.com [khoirul mahdy]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Ini Dia] Fitur Tersembunyi Dalam WhatsApp yang Wajib anda Ketahui"

Post a Comment