-->

Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC


Banyak cara bisa dilakukan pada smartphone android anda, dari mulai menjadi remote control sampe menjadi mouse pada PC, namanya juga smart  :D. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Bagaimana Cara membuat smartphone android anda menjadi microphone pada PC atau laptop. fungsi mic sendiri biasanya digunakan untuk karaokean, Video call an, mengisi suara ke dalam video yang sedang di edit, bahkan main dota :p

Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC


Smartphone menjadi pilihan alternatif jika mic yang anda pake rusak, atau bahkan gak punya sekali. hehe, nah langsung saja, saya akan menjelaskan cara - caranya. saya menggunakan software pendukung sekaligus penghubung antara komputer dengan android anda. 

WO MIC merupakan sebuah aplikasi microphone android yang digunakan sebagi sumber suara bagi pc maupun laptop, software ini bisa di hubungkan melalui bluetooth, USB, dan wifi, tetapi karena kekurangan waktu dan tempat, disini saya akan menjelaskan menggunakan Wo Mic via USB.


  • Langkah pertama install Wo Mic di android anda dari Playstore.
  • Kemudian install juga Wo Mic pada komputer anda download DISINI . 
  • install kedua aplikasi tersebut, Install Client setup program & Install WO Mic device driver. setelah terinstall aplikasi akan minta restart, saya kira pada tahap ini pembaca bisa menginstall sendiri. 

  • hubungkan komputer dan android dengan USB

  • buka aplikasi Wo Mic di komputer dan android

  • Pada android klik setting - pada Transport Option pilih USB sebagai Transportnya. Control port : 8125, media port 8126 . pada Audio Control pilih sesuai kebutuhan anda, disini saya pilih Mic , back kemudian klik start,  maka akan ada tulisan "Started. Please connect by USB"
Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC
  • Pada komputer klik Options - centang Play in Speaker, kemudian samakan Control port dan media port yang ada di andooid tadi. setelah itu klik connection - connect... 

  • select transport pilih USB sebagai media yang digunakan. 
Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC

  • maka akan tertulis Connected pada tampilan Wo Mic di Komputer maupun Android
Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC

Sampai tahap sini silahkan ber karaoke dengan menggunakan mic android.


Kesimpulan :

- Jika terjadi error, Pastikan android anda terhubung dengan komputer via USB, dan pastikan anda meng enable USB Debugging.

- Jika terjadi error, pastikan terlebih dahulu Driver anda telah terinstall  anda dapat membaca di tutorial saya sebelumnya pada Cara Mencari Driver Laptop dengan Mudah.

- Jika Anda ingin kualitas audio yang lebih baik, silakan coba "WO Mic Pro" yang merupakan versi berbayar. Ini juga mendukung penyesuaian volume.


Nah demikianlah Tutorial tentang Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.  Silahkan jelajahi blog www.tips-ku.com untuk mendapatkan Tutorial Lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Smartphone Andoid Menjadi Mic PC"

  1. Udah Lama Pengen Tau .... Baru Keliatan Sekarang, ! Sipp Dah

    ReplyDelete