-->

Tips Agar Tidak Lemot saat Bermain Game di Android

Game merupakan hiburan saat setelah pulang kerja atau sekolah bagi sebagian besar kalangan remaja termasuk saya, tidak dipungkiri game sekarang sudah membabi buta sampai- sampai lupa akan pekerjaan karena nya (bukan saya). sebagai media pelampiasan kelelahan, game  yang dijalankan haruslah lancar mulus dan win.



Tips Agar Tidak Lemot saat Bermain Game di Android


Bayangkan jika anda pulang kerja kemudian main game online, contoh game perang terus saat masuk dalam game, game tersebut jalan nya nyendat-nyendat, trus hilang dari peredaran (hilang signal) setelah ada sinyal, anda mati. gimana perasaannya mas?? bukan penenang hati tu namanya malah meledak-meledak , banting hape, wkwkwk

Nah sebelum memainkan sebuah game ada lebih baiknya anda mendengarkan , eh membaca tips yang saya berikan.

Tips agar tidak lemot saat anda bermain game di android 
Tips ini sudah saya terapkan sebelum saya ingin bermain game. berikut ulasannya.

1. Baterai smartphone sebaiknya di atas 50 %


Pastikan baterai ponsel tidak sampai berwarna merah saat digunakan bermain game!

Bila Anda sedang memainkan game berkualitas HD, maka kerja dapur pacunya haruslah optimal. Kondisi permainan yang berat membutuhkan baterai yang mampu mendayai game tersebut. Saat baterai berada di bawah 20%, maka kinerja ponsel akan melorot drastis karena handphone secara otomatis memberhentikan beberapa aplikasi dan sistem agar baterai yang tinggal 20% tadi masih dapat mendayai ponsel untuk kasus emergency.


Saat baterai berada di bawah 20%, kinerja smartphone jadi kurang maksimal dan melambat. Alhasil koneksi internet dan sistemnya pun jadi lemot. Akhirnya, proses bermain game jadi lemot.


2. Mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan

Perlu diketahui, mematikan aplikasi itu berbeda dengan me-minimize aplikasi. Minimize artinya menyembunyikan aplikasi ke background namun aplikasi tersebut masih dalam keadaan aktif. Sementara itu, mematikan aplikasi artinya menutup aplikasi tersebut agar tidak aktif pada background. Saat memainkan game-game yang berat ada baiknya menutup semua aplikasi yang tidak dibutuhkan agar HP tidak lemot ketika bermain game.

Anda juga bisa mematikan auto update karena sewaktu-waktu terdapat perbaruan aplikasi, maka sistem secara otomatis mendownload update-an terbaru. Bila Anda sedang bermain game, keasyikan itu bisa saja hilang kalau hape tiba-tiba lemot karena harus update apps-nya. Pastikan auto update ini non aktif agar tidak otomatis berjalan dan menyedot daya serta kuota.


3. Update firmware

Firmware dapat diperbarui agar sistemnya lebih kompatibel dengan aplikasi versi terbaru. Dengan begini, handphone akan di upgrade dan mengalami peningkatan dari segi performa. Kinerja yang bagus tentu akan lebih menyenangkan saat digunakan bermain game yang berat sekalipun. Selalu update firmware Anda dengan versi terbaru agar lebih kompatibel.

4. Delete file

hapus file

Terkadang kita lupa menghapus file aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan bahkan tidak pernah dibuka. Ada baiknya aplikasi itu dihapus dari smartphone agar memori bisa bernapas lega dan bermain game jadi tidak lemot. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Aplikasi ini bisa berada dimana saja. Contohnya dalam folder Bluetooth, folder download, folder album foto dan lain sebagainya.

Anda bisa mengakali folder album foto dengan mengunggahnya ke cloud storage yang bisa diakses kapan saja jadi tidak memenuhi memori internal hape Anda. Pesan-pesan dalam Line, Whatsapp maupun SMS tampaknya sangat kecil namun cukup memakan tempat pada memori sehingga ada baiknya dihapus bila tidak dibutuhkan. Dengan memberikan ruang memori yang besar, maka handphone akan bekerja lebih optimal dan Anda akan dapat bermain game lebih lancar.

5. Hapus widget

Apa hubungannya widget dengan online game? Tentu saja ada! Widget memakan tempat pada handphone anda. terlepas dari seberapa keren widget yang dipasang di home screen, Widget ini memakan daya baterai cukup signifikan, lho! Terlebih bila Anda menggunakan live wallpaper dengan animasi-animasi yang akan semakin mempercepat habisnya baterai. Widget ini memacu smartphone Anda untuk bekerja ekstra keras. Jadi, bila Anda bermain game, otomatis game akan berjalan lemot karena sebagian RAM sudah disisihkan untuk widget. Hindari penggunaan widget berlebih dan kalau bisa, hapus semua widget yang tidak diperlukan seperti Weather.

6. Hapus cache dan junk files

hapus cache

Clear Cache cukup efektif dalam melegakan space RAM handphone Anda untuk digunakan bermain game!

Agar hp tidak lemot, Anda perlu melakukan yang satu ini. menghapus cache file dan junk file yang membuat space memori jadi mengecil. Teknik bersih-bersih ini dapat dilakukan secara manual dengan masuk ke Setting – General – Storage – Cached data – clear cached data – yes.

Smartphone bisa bekerja lebih optimal bila junk file dan cache ini dibersihkan secara rutin. Anda juga dapat menggunakan aplikasi third party seperti Clean Master yang bisa secara instan membersihkan file yang tidak diperlukan atau tidak terlalu penting.

Seiring dengan aktifnya smartphone, file cache akan semakin besar. Alhasil aplikasi tidak berjalan normal karena handphone jadi lemot. Perlu diketahui, proses clear cache ini hanya akan menghapus data yang tidak diperlukan. Jadi data-data penting Anda tidak akan ikut hilang.


8. Pastikan memori internal masih lapang

Internal memory merupakan memori bawaan yang ada di dalam handphone. Aplikasi dan file data penting tersimpan di dalam memori internal ini. Apabila space yang ada tinggal sedikit maka pasti handphone akan lemot dan loading lama untuk membuka sebuah app termasuk game yang akan dimainkan. Oleh karena itu, ada baiknya menghapus file  yang tidak diperlukan atau memindahkannya ke dalam memori eksternal. Ada banyak aplikasi yang dapat dipindahkan ke memori eksternal. Caranya, buka Setting lalu pilih Apps. Pilih salah satu aplikasi yang akan dipindahkan ke memori eksternal lalu tekan Move to SD Card. Cara ini cukup ampuh melegakan memori internal pada smartphone Anda.

Demikianlah Tutorial tentang Cara Agar Tidak Lemot saat Bermain Game di Android kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Tidak Lemot saat Bermain Game di Android"

Post a Comment